OTC Products: 'A Healthy Perspective' (1)

Sebuah survei dilakukan oleh Synovate Inc. pada Desember 2009 telah mengungkap fakta di 17 pasar di beberapa negara, mencakup hampir sebanyak 12.000 responden. Pada setiap penilaian individual dan persepsi kesehatan perorangan, tampaknya responden di setiap pasar memiliki keinginan yang sama untuk meningkatkan kesehatan mereka, dengan 87% mengatakan mereka bertindak dalam 12 bulan terakhir untuk memperbaiki kondisi kesehatan.


Tentu rahasia bahwa salah satu kekayaan terbesar dapat memiliki adalah kesehatan. Survei terbaru yang dilakukan oleh Synovate pada sikap masyarakat terhadap obat bebas menunjukkan bahwa banyak dari kita kesa-daran yang baik terhadap kesehatan.

Pada kenyataannya, kebanyakan orang mengklaim telah melakukan beberapa tindakan dalam 12 bulan terakhir untuk meningkatkan kesehatan mereka. Lalu, apa yang mereka telah lakukan, dan pada bagian mana peran obat bebas dalam perawatan diri mereka? Synovate berusaha mencari tahu.

Health - the whole package."Health is a state of complete physical, mental and social well-being, and not merely the absence of disease or infirmity." WHO 1948

Synovate telah melakukan survei kepada hampir 12.000 orang dari 17 negara yakni Australia, Belgia, Chili, Perancis, Jerman, Hong Kong, Hongaria, Indonesia, Korea, Belanda, Serbia, Singapura, Spanyol, Taiwan, Uni Emirat Arab (UEA), Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Survei ini untuk memahami sikap dan kepercayaan mereka dalam membeli obat-obatan di area bebas (OTC), kepercayaan pada efektivitas label toko dibandingkan dengan obat bermerek serta pengaruh para dokter dan apoteker.

Secara umum, sebagian besar responden (60%) merasa sehat sekali (baik sekali), dengan skor 13% akan mengatakan mereka berada dalam kondisi sehat. Responden berasal dari UEA merupakan yang terbanyak dengan 84% menganggap diri mereka dalam kesehatan yang baik (49%) atau sangat baik (35%), diikuti oleh Indonesia (82%).

Menurut Per-Henrik Karlsson, Business Devel-opment Director Synovate CEEME (Central/Eastern Europe and Middle East), kesadaran terhadap kesehatan relatif baru bagi banyak penduduk lokal dan asing di UEA. "Ini berarti banyak orang yang kurang menya-dari apa yang sehat dan tidak sehat, sehingga standar mereka mungkin tidak sampai ke tingkat yang sama seperti negara-negara lain. Namun, UEA dianggap memiliki kesehatan yang sangat baik, mayoritas penduduk setempat dan ekspatriat memiliki jangkauan pengobatan pribadi dan fasilitas medis yang berkualitas tinggi.

"Hal ini dapat memberikan kontribusi kepada orang-orang yang merasa sedang dalam kondisi kesehatan yang baik (good) atau sangat baik (excellent),"kata Karlsson.

Namun, tidak semua pasar memiliki pandangan sehat ini. Khususnya, Korea dan Taiwan memiliki pandangan yang berbeda, dengan skor 37% dan 39% masing-masing mengklaim berada dalam keadaan sehat (baik) dan sangat baik.

Jellinek Frank, Client Relationship Manager untuk Synovate Korea menjelaskan,"Orang Korea perfeksionis pada kesehatan dan penampilan, sedangkan generasi yang lebih tua percaya bahwa 'kesehatan berasal dari dalam', Generasi pasca-perang Korea melihat ini sedikit berbeda, dan berinvestasi besar-besaran dalam perawatan kecantikan dan kesehatan.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mayoritas orang Korea tidak puas dengan kesehatan mereka karena mereka tahu bisa lebih sehat. Dan mereka serius melaku-kannya. Ini juga menjelaskan adanya berbagai produk kesehatan, alami atau sebaliknya, yang dapat mereka beli di toko online atau kunjungan ke rumah.

Kesehatan dalam Genggaman
Pada setiap penilaian individual dan persepsi kesehatan perorangan, tampaknya responden di setiap pasar memiliki keinginan yang sama untuk meningkatkan kesehatan mereka, dengan 87% mengatakan mereka bertindak dalam 12 bulan terakhir untuk memperbaiki kondisi kesehatan.

Kegiatan utama yang disebutkan, memakan lebih banyak buah dan sayuran (61%), dengan berolah raga teratur (37%), suplemen vitamin (35%) dan berusaha menurunkan berat badan (33%).

"Responden dari Hungaria (83%), Serbia (76%) dan Chili (73%) adalah pendukung tertinggi untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, dengan kecenderungan dikapitalisasi pada merek makanan,"kata Rafael Céspedes, Managing Director Synovate di Chili. 

next  |

Top Ad 728x90