Kementerian Kesehatan RI: Cek Ulang Semua Susu Formula




Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) melakukan pemeriksaan ulang semua produk susu formula terkait dugaan kontaminasi bakteri Enterobacter Sakazakii.








Menkes, Endang R Sedyaningsih mengatakan, pengecekan kini dilakukan Badan Litbang Ke-menkes bersama BPOM dan IPB. "Saat ini baru pengecekan dan 6 bulan ini bisa selesai," kata Menkes usai meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi Mantap-IKR di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, 4/03/2011.





Pemeriksaan memakai sistem sampel. Artinya tak semua kaleng susu dibuka dan dicari tahu. "Setiap satu merek diambil sampelnya," ujarnya.



Sebelumnya, Mendiknas, Mohammad Nuh, meminta IPB segera melakukan penelitian investigasi terhadap seluruh merek susu formula di Indonesia. Permintaan itu terkait dengan hasil penelitian soal bakteri E.sakazakii dalam susu formula. "Waktunya ditargetkah 6 bulan, tujuan-nya untuk memastikan seluruh susu formula di Indonesia aman," katanya, 23/02/2011 lalu.



Kisruh masalah susu berbakteri ini muncul saat IPB merilis hasil penelitian sejumlah sampel susu yang beredar di pasar 2003-2006. Hasilnya, menunjukkan sejumlah merek terkontaminasi bakteri itu. (cwb)

Top Ad 728x90