Partner Distribusi & Logistik Terpercaya

Komitmen Caraka Group 
Dinamika dalam bidang distribusi sangat dipengaruhi oleh kebutuhan pelanggan. Seiring perjalanan waktu distribusi pun perlahan mengalami perubahan. Pelanggan lebih kritis terhadap efektivitas waktu dan akurasi penerimaan.

Saat Indonesia mengalami krisis di tahun 1998, terjadi persaingan ketat di lingkup bisnis jasa pengiriman. Perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa pengiriman banyak yang bermain di harga yang memicu perang harga. 

Situasi itu tidak membuat PT Caraka Yasa larut di dalamnya. Perusahan ini justru mengembangkan strategi pengiriman ekspres melalui jalur darat. "Disini keamanan dan ketepatan waktu menjadi kunci suksesnya. Strategi ini tentu saja memerlukan penguasaan network di jalur darat." ungkap Dirut Caraka Group Rocky J Pesik.

Rocky, putra Rudy J Pesik ini menambahkan, "Untuk mendukung pelaksanan strategi itu Caraka menggunakan armada truk tertutup untuk menjamin keamanan barang. Lebih dari itu, ini merupakan reguler transportation dengan jadwal perjalanan yang lebih predictable."

Dengan strategi ini Caraka Group menjamin barang pelanggan terkirim dalam kondisi aman sesuai waktu yang dibutuhkan. Berangkat dari strategi inilah Caraka kini menguasai jalur darat di wilayah Indonesia. Didukung oleh 2000 orang tenaga profesional yang telah bekerja secara permanen, dan armada truk reguler lebih dari 500 unit menelusuri jalur distribusi di seluruh tanah air.


Disamping itu Caraka unggul pada pengiriman produk korporasi. Bila dilihat dari beberapa parameter baik revenue, company size, strenght, penguasaan teknologi yang memposisikan Caraka masuk jajaran The Big Five sebagai perusahaan jasa pengiriman & logistik.

Kontribusi di Sektor Farmasi 

Pemahaman terhadap kondisi yang khas pada produk-produk farmasi memudahkan Caraka Group memberi layanan yang tepat. Setidaknya saat ini Caraka telah melayani 20 industri farmasi termasuk pedagang besar farmasi (PBF) baik perusahaan milik negara (BUMN), swasta nasional maupun multinasional.
 

Menurut Rocky, industri farmasi sangat unik, menuntut performa tinggi dibanding industri lainnya dalam jasa pengiriman. Caraka Group memiliki pengalaman cukup lama melayani industri farmasi. "Kami sangat memahami kebutuhan rekan-rekan farmasi, dan sering mendiskusikan dengan mereka untuk mencari solusi pengiriman yang cukup kompleks terkait produk-produk spesifik mereka," kata Rocky.

Ia menambahkan," Kami juga telah membangun instalasi cold chain management pada ware-house dan armada truk reguler yang menjamin produk dikirim dengan aman kepada distributor, apotek, rumah sakit bahkan direct-to-customer, on time.

"Sudah menjadi komitmen bagi kami menjadi partner terpercaya yang memberi kontribusi pada supply chain dengan performa tinggi bagi sektor farmasi. Visi kami, ke depan Caraka Group bukan hanya survive di pasar domestik. Kami kini telah mempersiapkan diri untuk bermain ditingkat regional. Targetnya di 2013 network kami sudah running well ke wilayah Asean," tegas Rocky J Pesik.



Kita juga ingin memberikan solusi pengiriman dari hal terkecil (dokumen) sampai terbesar (misalnya pemindahan pabrik). Bahkan pada treatment yang membutuhkan perlakuan khusus, semisal bahan kimia, limbah sampai bahan yang mudah meledak, ke depannya kita ingin handle. (erw)

Top Ad 728x90