Presiden SBY Minta Industri Obat Indonesia Lebih Mandiri

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berharap adanya kemandirian untuk bahan baku obat bagi industri farmasi. "Masih banyak bahan baku yang kita impor dari negara-negara sahabat," kata dia usai memimpin rapat kabinet terbatas di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu, 1 Agustus 2012 lalu.


Meski sudah ada jadwal pengaturan pengurangan impor bahan baku obat, Presiden meminta upaya untuk kemandirian bahan baku obat dalam negeri tetap ditingkatkan dan dijadikan prioritas demi melayani kebutuhan masyarakat. "Dengan demikian, kita memiliki industri dan produksi dalam negeri yang lebih kuat dan mandiri," ujar Presiden.

Selain itu, Ia berharap adanya upaya percepatan pemenuhan tenaga kerja kesehatan untuk bertugas di seluruh daerah di tanah air. "Saya tahu ada kekurangan dokter, utamanya dokter gigi," tuturnya.

Karena itu, ia meminta Kementerian Kesehatan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar melakukan koordinasi dan sinergi dalam penciptaan tenaga kerja kesehatan. "Dengan anggaran yang besar, kami berharap agar lulusan pendidikan nasional setiap tahunnya sesuai dengan keperluan pasar tenaga kerja (kesehatan)," kata Presiden. (dbs)

Top Ad 728x90