Index of Resilience oleh
MasterCard Worldwide
Faktor penting sebagai penopang pertumbuhan
ekonomi Indonesia adalah adanya pertumbuhan pada permintaan domestik. Indeks Ketahanan (Index of Resilience) yang dilakukan oleh
MasterCard Worldwide mengevaluasi ketahanan kepercayaan konsumen dan
kekuatan kepercayaan konsumen sebagai faktor yang menentukan potensi
konsumsi domestik sebagai mesin pertumbuhan ekonomi global di saat
ekonomi global tengah mengalami perlambatan pertumbuhan.
Laporan ini mengungkapkan bahwa Hong Kong, Indonesia, Thailand,
Filipina, India dan China berada dalam posisi yang baik dengan potensi
terkuat untuk memanfaatkan konsumsi domestik sektor swasta untuk
mendukung pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya Malaysia, Singapura, Vietnam,
Arab Saudi dan Kuwait yang relatif kuat dalam hal kepercayaan konsumen
berada dalam posisi lebih rentan terhadap perlambatan ekspor barang
dagangan.
Kepercayaan konsumen di Jepang sangat kuat terhadap guncangan
eksternal, namun juga sangat rendah, terjebak dalam pesimisme selama
lebih dari satu setengah dekade, yang merupakan akibat dari konsumsi
sektor swasta. UEA menempati posisi sendiri dengan historis keyakinan
konsumen yang kuat ketika sedang mengalami perlambatan ekspor.
“Lima belas dari 17 negara yang disurvei, tercatat melakukan ekspor
ke Asia/Pasifik yang mencapai lebih dari 50 persen dari total ekspor
barang dagangan mereka," kata Desmond Choong, peneliti ekonomi
independen yang dikutip dari siaran pers.
"Sudah jelas bahwa, ini merupakan korelasi antara ekspor dan
kepercayaan konsumen yang tidak hanya menilai ketahanan antara kedua hal
tersebut dalam perlambatan pertumbuhan ekonomi global, tetapi hal
tersebut juga menggarisbawahi kekuatan hubungan antar pasar-pasar di
kawasan Asia/Pasifik.
Artinya korelasi ini juga menunjukkan tingkat
sejauh mana kepercayaan konsumen di beberapa pasar memiliki dampak
secara tidak langsung melalui peningkatan konsumsi - dan karenanya
jumlah impor yang meningkat - pada kepercayaan konsumen pada pasar-pasar
lain di Asia/Pasifik, " tambahnya. (dbs)
Economy, News Update
Indonesia, Negeri Ini Memiliki Konsumen Yang Kokoh
Index of Resilience oleh MasterCard Worldwide Faktor penting sebagai penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah adanya pertumbuhan pada permintaan domestik. Indeks Ketahanan (Index of Resilience) yang dilakukan oleh MasterCard Worldwide mengevaluasi ketahanan kepercayaan konsumen dan kekuatan kepercayaan konsumen sebagai faktor yang menentukan potensi konsumsi domestik sebagai mesin pertumbuhan ekonomi global di saat ekonomi global tengah mengalami perlambatan pertumbuhan.