,

Virus Marburg

Nama Marburg diambil dari nama sebuah kota kecil dan indah di dekat Sungai Lahn, Jerman. Tapi, pilihan nama tersebut sama sekali tidak menggambarkan betapa ganasnya virus ini. Marburg, ternyata adalah virus yang paling berbahaya di dunia.

Virus MarbungNama Marburg diambil dari nama sebuah kota kecil dan indah di dekat Sungai Lahn, Jerman. Tapi, pilihan nama tersebut sama sekali tidak menggambarkan betapa ganasnya virus ini. Marburg, ternyata adalah virus yang paling berbahaya di dunia.

Marburg Virus Disease (MVD) pertama kali terindentifikasi di Marburg setelah seorang petugas laboratorium diserang kera asal Uganda. Virus Marburg dan virus Ebola memiliki famili yang sama, yaitu Filoviridae. Gejalanya adalah kejang-kejang dan pendarahan pada selaput lendir, kulit, serta organ tubuh manusia. Angka kematian kasus ini sangat bervariasi, mulai dari 25% di tahun 1967 hingga lebih dari 80% di Kongo tahun 1998-
2000 dan di Angola tahun 2005.

Penularan virus ini melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh dan jaringan orang yang terinfeksi. Bisa juga melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi virus ini, misalnya monyet atau kelelawar.
 

Menurut WHO, belum ditemukan antivirus untuk Marburg. Sementara, penggunaan terapi siRNA yang sukses pada primata belum bisa diaplikasikan pada manusia. siRNA terbukti bisa menghambat produksi protein sehingga mencegah pertumbuhan virus di dalam sel.

---------------------------------------

Virus-Virus Paling Berbahaya Yang Mengancam Manusia
1)  Virus Marburg
2)  Virus Hanta
3)  Virus H5N1
4)  Virus Lassa
5)  Virus Junin
6)  Virus Crimea
7)  Virus Machupo
8)  Virus Kyasanur Forest Virus (KVF)
9)  Virus Dengue
10) Virus Ebola

---------------------------------------

Artikel ini diterjemahkan dengan perubahan dari laman Deutsche Welle. Artikel asilinya bisa dilihat disini atau disini.


Top Ad 728x90