,

H5N1 Virus

Virus flu burung atau H5N1 adalah penyakit pernafasan yang menyerang unggas. Meskipun mudah menular pada unggas, penyakit ini sulit menular antara manusia ke manusia. Seseorang bisa tertular ketika dia melakukan kontak langsung dengan unggas.

H5N1 Virus - Bird FluVirus flu burung atau H5N1 adalah penyakit pernafasan yang menyerang unggas. Meskipun mudah menular pada unggas, penyakit ini sulit menular antara manusia ke manusia. Seseorang bisa tertular ketika dia melakukan kontak langsung dengan unggas.

Hal inilah yang menjawab pertanyaan mengapa kasus flu burung banyak terjadi di Asia: banyak orang Asia yang terbiasa memelihara dan berinteraksi langsung dengan burung, ayam, atau unggas lainnya.

.
Flu burung (H5N1) bisa ditangani dengan Oseltamivir atau Tamiflu. Obat ini mencegah influenza virus menyebar ke seluruh tubuh pasien yang sudah terjangkit virus flu burung. Vaksin flu burung memang tengah dikembangkan, namun sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang bisa mencegah pandemi di masa depan.

Sementara, tingkat kematian untuk kasus flu burung sendiri sudah mencapai angka 70%. Namun, perlu diketahui bahwa virus ini sangat sensitif terhadap panas. Ketika unggas sudah dimasak dan mencapai panas 70 derajat, berarti makanan itu aman untuk dikonsumsi.


---------------------------------------

Virus-Virus Paling Berbahaya Yang Mengancam Manusia
1)  Virus Marburg
2)  Virus Hanta
3)  Virus H5N1
4)  Virus Lassa
5)  Virus Junin
6)  Virus Crimea
7)  Virus Machupo
8)  Virus Kyasanur Forest Virus (KVF)
9)  Virus Dengue
10) Virus Ebola

---------------------------------------

Artikel ini diterjemahkan dengan perubahan dari laman Deutsche Welle. Artikel asilinya bisa dilihat disini atau disini.


Top Ad 728x90