Excipient And Coating Systems Solutions

PT CAHAYA BUMI CEMERLANG CBC Indonesia berdiri pada tahun 1990 yang merupakan kantor perwakilan Connell Bros Company, perusahaan berbasis di San Francisco Amerika Serikat, yang reputable di dunia internasional sebagai pengimpor, pengekspor, agen dan distributor berbagai macam bahan kimia dan bahan baku. Tahun 1990 itu merupakan awal penetrasinya di Indonesia.

Excipient And Coating Systems Solutions
PT CAHAYA BUMI CEMERLANG
CBC Indonesia berdiri pada tahun 1990 yang merupakan kantor perwakilan Connell Bros Company, perusahaan berbasis di San Francisco Amerika Serikat, yang reputable di dunia internasional sebagai pengimpor, pengekspor, agen dan distributor berbagai macam bahan kimia dan bahan baku. Tahun 1990 itu merupakan awal penetrasinya di Indonesia.


Pada tahun 1993 ditetapkan menjadi PT. Connell Bersaudara Chemindo (CBC Indonesia), yang pada awalnya bergerak di bidang penjualan bahan baku cat dan tinta, kemudian memperluas usahanya sebagai pemasok bahan baku lainnya seperti plastik, karet, serta bahan baku untuk makanan.


Untuk memperkuat posisinya dipasar domestik sebagai pemasok bahan baku industri kosmetik (personal care) dan industri perawatan rumah tangga (household care), Connell Bros Company melakukan kerjasama patungan (joint venture) dengan mitra lokal dan mendirikan perusahaan PT. Cahaya Bumi Cemerlang pada tahun 2005.

Bagi Connell Bros Company, berdirinya PT. Cahaya Bumi Cemerlang adalah babak baru dalam memperluas operasinya yang tumbuh serta berkembang dengan dinamis di Indonesia dalam melayani kebutuhan bahan baku industri kosmetik (personal care), bahan baku industri perawatan rumah tangga (household care) dan bahan pembantu (excipient) industri farmasi.

Dikembangkan dalam platform distribusi untuk spesialisasi yang profesional, memberi dukungan dan solusi sesuai dengan kebutuhan yang spesifik setiap industri.

Berdasarkan pengalaman itu, PT Cahaya berhasil mendapatkan kepercayaan para pelanggan di lingkungan industri kosmetik (personal care), industri perawatan rumah tangga (household care) dan industri farmasi sebagai partner lokal yang handal.

Memasuki Pasar Eksipien Farmasi Indonesia

Menurut data dari Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia, pasar farmasi nasional tumbuh cukup signifikan mencapai 14% pertahun, pada tahun 2011 ini diperkirakan senilai Rp 39 triliun.

Melihat prospek pasar farmasi nasional ini, PT Cahaya berupaya masuk dalam kompetisi di pasar bahan baku farmasi nasional, salah satunya adalah dengan menggandeng mitra asing Ashland Aqualon, prinsipal berbasis di Amerika, yang memproduksi excipient dan coating system untuk produk farmasi.

Pada momen seminar sehari di Hotel Borobudur Jakarta, yang diselenggarakan bekerja sama dengan Ashland Aqualon pada 28 April 2011 lalu, Presiden Direktur PT Cahaya Bumi Cemerlang Kasan Trihardja mengatakan bahwa perusahaannya telah memperoleh kepercayaan dari prinsipal Ashland Aqualon untuk pemasaran produk-produk excipients dan coating system mereka di Indonesia sejak awal tahun 2010.

PT Cahaya berkantor pusat di Tangerang dan kantor cabang di Surabaya memiliki fasilitas gudang yang sangat baik dan telah memenuhi persyaratan keamanan untuk produk excipients dan coating systems untuk produk-produk farmasi.

Dalam hal pengiriman, perusahaan ini menawarkan berbagai pilihan pengiriman yang tepat waktu dan jaminan keamanan pada kualitas produk di setiap proses ke berbagai tempat dan tujuan di Indonesia.

Di saat yang sama, Business Development  Manager PT Cahaya, Hendra Widjaja mengatakan kepada wartawan," Kami memiliki pengetahuan tentang industri farmasi lokal maupun jaringan kerja para pemasok dari luar negeri."

"Itulah sebabnya kami aktif menawarkan berbagai solusi mengenai sumber-sumber produksi farmasi kepada para pelanggan yang memerlukan pasokan bahan-bahan yang dibutuhkan dari luar negeri,"lanjutnya.

Tim pemasaran PT Cahaya memiliki pemahaman yang baik tentang lingkungan industri, pasar dan regulasi di Indonesia dikombi-nasikan dengan portofolio produk menjadi aset bagi PT Cahaya dalam memberi pela-yanan sesuai kebutuhan industri farmasi yang hi-regulated, berorientasi pada tuntutan efisiensi menghadapi persaingan dan perubahan-perubahan yang terjadi di pasar Indonesia.

Berbekal pengalaman dan pengetahuan teknik pemasaran berbagai bahan baku, tim pemasaran PT Cahaya mampu menawarkan solusi produk disertai dukungan aplikasi yang customable.

Menurut Hendra, "Kerjasama kami dengan Ashland Aqualon akan memberi kontribusi besar dalam penyediaan bahan pendukung farmasi yang murah dan berkualitas, serta memenuhi standar yang dipersyaratkan dunia internasional, yakni GMP/cGMP Certification sektor industri farmasi."

Hal itu dipertegas oleh Ramachandrarao, Technical Sales Manager-Pharma dari Ashland Aqualon, ia mengatakan bahwa perusahaannya memiliki perhatian serius pada GMP/cGMP standard.

Menurutnya dengan sertifikasi GMP/cGMP yang dimiliki Asland Aqualon menjadi asset strategis untuk memuluskan upaya perluasan pasar secara global termasuk di Indonesia untuk produk-produk excipient dan coating system untuk produk-produk farmasi.

Indonesia sebagai pharmerging market memiliki populasi sebesar 234,2 juta penduduk dengan preferensi konsumen bervariasi. Ini merupakan pasar yang besar dan fragmented, kendati demikian menurut Hendra, bagi PT Cahaya, ini merupakan kesempatan yang baik jika kita mampu mengimbangi perubahan-perubahan yang cepat yang terjadi di dalamnya.

PT Cahaya sendiri telah memulai sepak terjang sejak 2005 dengan reputasi yang baik di kalangan industri kosmetik (personal care) dan industri perawatan rumah tangga (household care), Hendra optimis timnya akan sukses dalam mendukung penyediaan bahan-bahan kebutuhan industri farmasi nasional. (erw)

Top Ad 728x90