, ,

Siti Fadilah Supari (2004 - 2009)

Para Menteri Kesehatan Paling Fenomenal Sebelum menjabat sebagai Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari (64), bekerja sebagai staf pengajar kardiologi di Universitas Indonesia. Selama 25 tahun berikutnya ia menjadi ahli jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita.

Siti Fadilah Supari (2004 - 2009)
Para Menteri Kesehatan Paling Fenomenal
Sebelum menjabat sebagai Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari (64), bekerja sebagai staf pengajar kardiologi di Universitas Indonesia. Selama 25 tahun berikutnya ia menjadi ahli jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita.

Siti Fadilah kemudian dilantik menjadi Menteri Kesehatan oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada 20 Oktober 2004.

Buku karyanya, Saatnya Dunia Berubah! Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung konspirasi Amerika Serikat dan organisasi WHO dalam mengembangkan senjata biologis dengan menggunakan virus flu burung (2007), menuai protes dari petinggi WHO dan Amerika Serikat.


Buku tersebut dianggap membongkar konspirasi WHO dan AS. Siti Fadilah membuka kedok Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang telah lebih dari 50 tahun mewajibkan virus sharing yang ternyata banyak merugikan negara miskin dan berkembang asal virus tersebut.
 

Buku ini menuai protes dari petinggi-petinggi WHO dan AS. Buku edisi Bahasa Inggris ditarik dari peredaran untuk dilakukan revisi, sedangkan buku edisi Bahasa Indonesia masih beredar dan memasuki cetakan ke-4.

Pada bulan Oktober 2009 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi melantik menteri Kabinet Bersatu II. Endang Rahayu Sedyaningsih ditunjuk sebagai pengganti Siti Fadilah sebagai Menteri Kesehatan yang baru.

Selagi menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden sejak 25 Januari 2010, mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pada April 2012 atas proyek pengadaan alat kesehatan untuk kejadian luar biasa tahun 2005 senilai Rp 15 miliar dengan perkiraan kerugian negara sebesar Rp 6 miliar.

cnnindonesia.com

-----------------------------------

Simak juga disini: 
1) Menkes Nafsiah Mboi (2012 - 2014)
2) Menkes Endang R Sedyaningsih (2009 - 2012)
3) Menkes Siti Fadilah Supari (2004 - 2009)
4) Menteri Kesehatan Indonesia Paling Fenomenal
5) Menteri Kesehatan Yang Sempat Tertunda

-----------------------------------

Top Ad 728x90