, ,

Endang R Sedyaningsih (2009 - 2012)

Para Menteri Kesehatan yang Paling Fenomenal Pada Oktober 2009, Endang Rahayu Sedyaningsih diangkat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan bergabung dengan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid Dua.

Endang R Sedyaningsih (2009 - 2012)
Para Menteri Kesehatan yang Paling Fenomenal
Pada Oktober 2009, Endang Rahayu Sedyaningsih diangkat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan bergabung dengan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid Dua.

Penunjukan menteri kelahiran Jakarta, 1 Februari 1955, oleh Presiden SBY itu cukup mengejutkan karena diumumkan di saat-saat terakhir.

Endang menyisihkan Nila Djuwita Anfasa Moeloek yang sebelumnya sempat menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Jakarta bersama dengan para kandidat menteri yang lain. Di Kabinet Kerja Jokowi, Nila akhirnya dipilih menjadi Menteri Kesehatan.


Penunjukkannya yang mendadak sempat menuai kontroversi dan memunculkan berbagai dugaan miring. Salah satunya, ia pernah disebut sebagai titipan AS, karena pernah bekerja di lembaga penelitian Namru milik AS. Bahkan Siti Fadilah sendiri sempat mempertanyakan atas terpilihnya Endang sebagai Menkes.


Masa kerjanya memang cukup singkat, hanya 2,5 tahun. Meski demikian, ia berhasil menoreh prestasi dengan dikeluarkannya beberapa kebijakan yang cukup monumental.

Beberapa di antaranya adalah mewajibkan pemberian ASI eksklusif yang dikuatkan dalam Peraturan Pemerintah (Permen), melarang iklan dan tenaga medis menyebarkan pemberian susu formula, mewajibkan perkantoran untuk membuat ruang menyusui.

Tak hanya itu, perempuan yang pernah bekerja pada Kantor Pusat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss tersebut berhasil pula menggolkan Jampersal (Jaminan Persalinan).

Dengan dikeluarkannya kebijakan ini, ibu melahirkan yang berasal dari keluarga tak mampu bisa bersalin gratis dengan imbalan mau mengikuti program keluarga berencana (KB).

Lulusan Harvard School of Public Health itu juga sangat fokus dengan masalah penyakit flu burung. Untuk menekan angka korban yang terus meningkat akibat penyakit tersebut, tenaga medis di rumah sakit, bandara maupun pelabuhan pun dilatih agar bisa menangani kasus itu.

Pada tanggal 26 April 2012, Endang Rahayu Sedyaningsih mengundurkan diri dari jabatan sebagai Menteri Kesehatan RI karena mengidap kanker paru-paru. Ia resmi diberhentikan pada tanggal 30 April 2012.

Pengunduran diri diminta Endang agar ia dapat berkonsentrasi untuk menjalani pengobatan secara maksimal. Menurut Presiden SBY, Endang selama ini sudah bekerja dengan baik dalam menjalankan tugasnya di Kementerian Kesehatan.

Pada tanggal 2 Mei 2012, Endang meninggal dunia karena kanker paru lanjut di usia 57 tahun di RSCM, sekitar pukul 11.41 WIB.

cnnindonesia.com

-----------------------------------

Simak juga disini: 
1) Menkes Nafsiah Mboi (2012 - 2014)
2) Menkes Endang R Sedyaningsih (2009 - 2012)
3) Menkes Siti Fadilah Supari (2004 - 2009)
4) Menteri Kesehatan Indonesia Paling Fenomenal
5) Menteri Kesehatan Yang Sempat Tertunda

-----------------------------------

Top Ad 728x90