,

Vaksin untuk Kanker Kelenjar Pankreas

Kanker kelenjar pankreas dikenal sebagai 'silent killer', karena penyakit ini berlangsung tanpa ada tanda tanda atau gejalah awal klinik yang bisa dipakai untuk mengetahui keberadaan penyakit ini didalam tubuh penderitaya.

Vaksin untuk Kanker Kelenjar PankreasKanker kelenjar pankreas dikenal sebagai 'silent killer', karena penyakit ini berlangsung tanpa ada tanda tanda atau gejalah awal klinik yang bisa dipakai untuk mengetahui keberadaan penyakit ini didalam tubuh penderitaya.

Dari mulai saat terdiagnosa adanya penyakit ini dalam tubuh, maka hanya tersisa waktu 3 hingga 6 bulan saja waktu hidup bagi penderitanya, salah satu korban yang terkenal penyakit kanker pankreas ini adalah Steve Jobs, pendiri Apple Company.


Latar Belakang Penyakit Kanker Pankreas :
Di seluruh dunia, lebih dari 200.000 orang meninggal setiap tahun karena penyakit kanker pankreas. Angka kematian tertinggi karena penyakit ini ditemukan dinegara berkembang.

Di Amerika, kanker pankreas adalah penyebab nomor 4 penyebab kematian akibat penyakit kanker (setelah kanker paru, kanker prostat dan kanker kolon), dan di Eropa, adalah nomor ke 6 penyebab kematian karena penyakit kanker.Karena tingkat keganasan penyait ini, maka angka jumlah penyakitnya hampir sama tinggi dengan angka kematiannya.

Karena keganasan di pankreas ini berlangsung tanpa gejalah, juga karena belum tersedianya cara  pengujian pemeriksaan yang memadai, oleh karena itu, penyakit kanker pankreas biasanya baru terdiagnosa sudah pada stadium akhir.

Perkembangan pengobatan penyakit ini juga tidak banyak berkembang sejak beberapa dekade terakhir ini dan hampir tidak mempunyai efek apapun untuk bisa memperpanjang masa harapan hidup (survival time) penderita penyakit ini.

Sehingga tindakan pencegahan adalah sangat penting untuk menurunkan angka kematian karena penyakit kanker pankreas.

Dari data internasional tentang jumlah dan kecenderungan penyakit ini, maka faktor lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting.

Faktor penyebab penyakit kanker pankreas
Sampai saat ini belum diketahui dengan jelas apa yang menjadi faktor resiko atau faktor penyebab terjadinya keganasan kelenjar pankreas ini, namun ada beberapa dugaan yang diperkirakan mempunyai hubungan langsung ataupun tidak lengsung dengan penyakit ini, adalah :
  • Kebiasaan merokok, 25-30 % 
  • Obesitas
  • Penyakit Diabetes
  • Penyakit Pankreatitis yang menahun (karena alkohol atau non alkohol)
  • Faktor genetik keluarga
  • Faktor gender, dimana pria juga lebih banyak daripada wanita
  • Intoleransi glukosa dan hiper-insulinemia
  • Kurangnya aktifitas fisik
  • Penggunaan obat-obatan aspirin
  • Paparan racun pestisida
  • Intake bahan makanan karbohidrat atau gula yang berlebihan

Di tahun 2012 diumumkan bahwa telah berhasil ditemukan 2 jenis vaksin yang berperan penting dalam mengatasi kanker pankreas ini, yaitu:
  1.  GVAX Pancreas, diproduksi oleh BioSante Pharmaceuticals, dan
  2. HyperAcute Pancreas, diproduksi oleh NewLink Genetics
Kedua jenis vaksin ini, dengan cara bekerja yang berbeda satu dengan yang lain, namun bertujuan menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membunuh sel kanker pankreas.

Baca juga :
  1. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Pankreas
  2. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Otak
  3. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Rahim/Serviks
  4. Vaksin untuk Pengobatan HIV/Aids
  5. Vaksin untuk Pengobatan Alzheimer
  6. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Paru-paru
  7. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Prostat
  8. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Payudara
  9. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Ginjal 
  10. Vaksin-vaksin yang berhasil ditemukan di 2012
-------------------------------------------------------------------------

Top Ad 728x90