Vaksin Untuk Kanker Payudara

Pada tahun 2008, kanker payudara menyebabkan 458,503 kematian diseluruh dunia setahun (13.7% kematian karena kanker pada wanita dan 6.0% dari kematian semua jenis kanker pada wanita dan pria)

Vaksin Untuk Kanker Payudara
Pada tahun 2008, kanker payudara menyebabkan 458,503 kematian diseluruh dunia setahun (13.7% kematian karena kanker pada wanita dan 6.0% dari kematian semua jenis kanker pada wanita dan pria)

Angka kejadian penyakit kanker payudara berbeda diberbagai negara, angka terendah berada dinegara sedang berkembang, dan paling tinggi terdapat dinegara industri, angka kejadian per 100.000 penduduk, seperti di Asia Timur, 18;  South Central Asia, 22;  Sub-Sahara Afrika, 22;  South-Eastern Asia, 26;  Africa Utara dan Asia Barat, 28;  Amerika Tengah dan Selatan, 42;  Europa Timur, 49;  Europa Selatan, 56;  Europa Utara, 73;  Oceania, 74;  Europa Barat, 78; dan Amerika Utara, 90.

Menurut usia ketika terdiagnosa kanker payudara, wanita berusia 20-24 tahun adalah yang terendah, yaitu hanya 1,5 kasus per 100.000 wanita, sedangkan kalau sudah mencapai usia 75-79 tahun, maka kemungkinan menderita kanker payudara adalah sebesar 421,3 kasus per 100.000 wanita.

Data Kanker payudara di Indonesia

Menurut data terakhir Badan Kesehatan Dunia atau WHO, maka angka kematian karena kanker payudara di Indonesia mencapai 20,052 atau sebanyak 1,41% dari seluruh kematian. Atau angka kematian disesuaikan dengan usia adalah 20.25 per 100.000 penduduk. Indonesia menempati rangking 45 dari urutan negara didunia dalam hal kematian karena kanker payudara.

Faktor Resiko
Usia dan jenis kelamin, semakin meningkatnya usia, maka semakin besar kemungkinan terjadi kanker payudara. Umumnya kanker payudara dengan stadium lebih lanjut ditemukan pada wanita berusia diatas 50 tahun. Wanita adalah 100 kali lebih rentan terkena kanker payudara dibandingkan dengan kaum pria. Kaum pria juga bisa menderita kanker payudara, hanya dengan presentase yang kecil.

Riwayat keluarga yang pernah menderita kanker payudara, bila salah satu anggota keluarga dekat kita juga menderita salah satu jenis kanker ini, seperti kanker payudara, kanker indung telur,atau kanker kolon, maka kesempatan kita juga akan menderita kanker jenis yang sama adalah semakin besar. Sekitar 20-30% wanit penderita kanker payudara, mempunyai riwayat keluarga yang juga menderita penyakit yang sama.

Faktor genetik, ada orang yang mempunyai faktor genetik yang membuat mereka lebih mudah menderita penyakit kanker payudara. Gen yang sering ditemukan adalah BRCA1 dan BRCA2 yang mengalami kelainan, sehingga membuat 80% wanita dengan kelainan genetik tersebut lebih mudah terkena kanker payudara dalam perjalanan hidupnya.

Siklus menstruasi, Wanita yang memulai siklus mentruasinya lebih awal, yaitu sebelum berusia 12 tahun, atau yang mengalami masa menopause lebih lama, yaitu diatas 55 tahun, mempunyai kesempatan besar untuk menderita kanker payudara.

Kelahiran anak, wanita yang tidak pernah melahirkan, atau yang melahirkan anak setelah mencapai usia 30 tahun, akan meningkatkan kemungkinan menderita kanker payudara. Namun melahirkan berkali-kali, atau hamil pada usia muda akan mengurangi resiko ini.

Hormone replacement therapy (HRT), bila anda mendapatkan pengobatan hormonal estrogen beberapa tahun lamanya, misalnya pada pengobatan gejalah menopause dengan hormon estrogen, akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker payudara ini

Obesitas/kegemukan, beberapa ahli yang menganggap kegemukan atau obesitas juga merupakan salah satu faktor resiko, meskipun hal ini belum terbukti dengan jelas

Konsumsi alkohol, minum lebih dari 1 – 2 gelas alkohol akan meningkatkan kesempatan menjadi penderita kanker payudara

Pengobatan Kanker Payudara
Sangat tergantung pada stadium pada saat penyakit ini didiagnosa.
Umumnya dilakukan hormonal therapi, juga khemotherapi, radiasi dan operasi pengangkatan jaringan payudara untuk menghilangkan sel dan jaringan sakit, dan mencegah penjalaran kejaringan sekitar yang sehat.

Pada tahun 2012 ini, juga diumumkan ditemukannya vaksin untuk pengobatan kanker payudara NeuVax (nelipepimut-S), diproduksi oleh Galena Biopharma, untuk pengobatan kanker payu-dara / Breast cancer. Dipercayakan bahwa vaksin ini dapat meingkatkan harapan hidup pasien dan mengurangi angka kekambuhan hingga 91% setelah di-ikuti hingga 24 bulan, dari masa uji klinik yang direncanakan selama 60 bulan.


Baca juga :
  1. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Pankreas
  2. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Otak
  3. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Rahim/Serviks
  4. Vaksin untuk Pengobatan HIV/Aids
  5. Vaksin untuk Pengobatan Alzheimer
  6. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Paru-paru
  7. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Prostat
  8. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Payudara
  9. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Ginjal 
  10. Vaksin-vaksin yang berhasil ditemukan di 2012
-------------------------------------------------------------------------

Top Ad 728x90