Vaksin untuk Kanker Paru Paru

Tentu juga banyak dari kita yang mengetahui penyakit kanker paru paru ini, dan tanpa ragu bisa menyebutkan penyebab utamanya adalah karena merokok dan asap tembakau.

Vaksin untuk Kanker Paru ParuTentu juga banyak dari kita yang mengetahui penyakit kanker paru paru ini, dan tanpa ragu bisa menyebutkan penyebab utamanya adalah karena merokok dan asap tembakau.

Dari statistik ternyata asap tembakau dapat menyebabkan kasus kanker paru ini sebanyak 80- 90% . Sedangkan 10 – 15% adalah mereka yang tidak merokok, tapi karena hal seperti terhirup gas radon, asbes, atau polusi udara dan asap rokok dari orang lain atau yang sering disebut Perokok Pasif.


Menurut data Badan Kesehatan Dunia atau WHO, yang dikeluarkan pada April 2011, maka angka kematian karena kanker paru di Indonesia adalah 35,185 per 100.000 penduduk atau mencapai 2.47% dari seluruh kematian.

Sedangkan usia saat kematian terjadi karena merokok adalah 20,51 per 100.000 penduduk. Indonesia menduduki posisi ke 58 dari negara seluruh dunia dalam hal kematian akibat tembakau atau rokok ini.


Dalam asap rokok yang dihirup terdapat sekitar 4.000 zat kimia yang bersifat karsinogen atau penyebab kanker. Namun diantaranya yang paling hebat adalah zat yang disebut Nitrosamine dan policyclic aromatik hidrokarbon.

Dalam proses penghentian merokok, maka sel paru yang sehat akan tumbuh kembali dan menggantikan sel paru yang rusak. Untuk bekas perokok, maka proses penggantian sel paru yang sakit menjadi sel sehat paru seperti layaknya orang bukan perokok,  proses penggantian ini baru akan selesai setelah 15 tahun kemudian, bisa kita bayangkan betapa hebat efek perusakan asap rokok terhadap jarigan paru kita

Perokok Pasif
Perokok pasif, yaitu mereka yang menghirup asap rokok dari orang lain, karena berada dalam satu ruangan kerja atau tinggal bersama perokok aktif, perokok pasif ini  mempunyai resiko 24% menjadi penderita kanker paru dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok pasif.
Sekitar 3.000 kematian akibat kanker paru setiap tahun akibat menjadi perokok pasif ini.

Penyebab Kanker Paru yang lain

Serat Asbes, bahan ini dulu banyak digunakan untuk bahan bangunan dan bahan untuk bahan penyekat atau isolsi panas dan kedap suara. Namun sekaraang sudah mulai sangat dibatasi atau tidak dipergunakan lagi. Bahan asbes ini bisa menyebabkan terjadinya kanker paru.

Gas Radon, gas ini didapat dialam, merupakan gas yang dihasilkan dari proses penguraian alamiah unsur Uranium. Di Amerika Serikat, sebanyak 12% atau sejumlah 15.000 hingga 22.000 kematian karena kanker paru karena gas radon ini.


Faktor Keluarga, penelitian yang membuktikan kanker paru lebih banyak terjadi pada keluarga dengan faktor genetik tertentu, ditambah lagi bila mereka juga menjadi perokok.

Pada 2012 juga diumumkan ditemukan vaksin untuk pengobatan kanker paru, yakniCV9201, diproduksi oleh CureVac, vaksin ini ditujukan kepada Non-small cell lung cancer. Diyakini vaksin ini akan meningkatkan response imunologi terhadap sel kanker paru ini.


Baca juga :
  1. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Pankreas
  2. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Otak
  3. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Rahim/Serviks
  4. Vaksin untuk Pengobatan HIV/Aids
  5. Vaksin untuk Pengobatan Alzheimer
  6. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Paru-paru
  7. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Prostat
  8. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Payudara
  9. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Ginjal 
  10. Vaksin-vaksin yang berhasil ditemukan di 2012
-------------------------------------------------------------------------

Top Ad 728x90