Vaksin untuk Pengobatan Kanker Otak

Tumor otak adalah pertumbuhan sel pada bagian dalam tengkorak atau pada otak yang abnormal. Tumor ini dibagi menjadi 2 jenis, tumor otak yang primer dan Ttumor otak yang skunder.

http://indonesia-pharmacommunity.blogspot.com/2012/12/vaksin-untuk-pengobatan-kanker-otak.htmlTumor otak adalah pertumbuhan sel pada bagian dalam tengkorak atau pada otak yang abnormal. Tumor ini dibagi menjadi 2 jenis, tumor otak yang primer dan Ttumor otak yang skunder.

Tumor otak yang primer, artinya tumor ini tumbuh dari otak itu sendiri, mereka bisa berasal dari otak, dari pembuluh darah dalam otak, atau sel saraf otak atau selaput yang menyelubungi otak.

Bila mereka termasuk yang jenis jinak (non cancerous), maka pertumbuhannya biasanya lembat, dan bisa menyebabkan kerusakan akibat menekan jaringan otak lain disekitarnya. Namun jenis yang jinak ini tidak menyebar kejaringan disekitarnya. Lebih mudah mengatasinya. 



Sedangkan kalau termasuk tumor otak yang jenis ganas (cancerous), maka pertumbuhan mereka sangat cepat dan menyebar ke jaringan sekitarnya termasuk otak.

Tumor otak yang sekunder atau tumor otak metastatik, yang sel tumornya berasal dari sumber kanker di organ tubuh yang lain, msalnya dari kanker paru paru, kanker payu dara, atau kanker dari kolon (usus besar), yang kemudian menyebar hingga jaringan otak.

Baik tumor otak yang primer atau pun yang jenis sekunder, bisa menyebabkan gangguan serius dan bahkan kematian jika pertumbuhan tumor ini tidak diobati.

Kurang lebih 70% tumor otak ini termasuk jenis yang ganas ini, dan type glioblastoma otak ini yang paling ganas (klasifikasi grade 4 menurut kriteria WHO).

Ada tendensi bahwa tumor jenis ini lebih banyak ditemukan di negara industri, dan juga ada laporan bahwa lebih banyak diderita oleh kaum kulit putih dibandingkan dengan kaum Asia atau orang yang berkulit hitam. 
(Source: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19107440)

Menurut data, hanya kurang dari 3% saja penderita tumor otak jenis ini yang masih bertahan hidup setelah terdiagnosa sejak lima tahun yang lalu.

Penyebab tumor otak
Ada beberapa penyakit yang diturunkan yang diketahui bisa meningkatkan potensi terjadinya pertumbuhan tumor pada otak dan beberapa jenis organ tubuh lainnya, misalnya penyakit  Von Hippel-Lindau Syndrome, anak anak dan sepupu mereka dengan kondisi ini bisa ditemukan adanya tumor di otak dan bagian atau organ tubuh yang lain, misalnya tumor ganas ginjal.

Meskipun secara umum orang belum mengetahui dengan pasti apa penyebab terjadinya tumor otak ini, apakah karena cidera otak, infeksi virus, atau yang diduga karena pemakaian mobile phone, atau karena faktor lingkungan atau karena stress mental, yang bisa menyebabkan terjadinya tumor otak ini.

Pengobatan Tumor Otak
Sampai saat ini adalah tindakan bedah mikro dengan membuang bagian tumor sebanyak mungkin dengan mengusahakan kemungkinan efek pengaruh buruk pada sistim saraf atau otak yang paling kecil.

Kemudian bisa dilanjutkan dengan khemotherapi, radiasi dengan sinar radio aktif, dan disusul dengan rehabilitasi penderita.

Pada tahun 2012 ini telah ditemukan vaksin yang diyakini bisa mengobati tumor otak ini, sehingga akan memberikan harapan dan prospektif baru bagi pasien penderita tumor otak, juga bagi dokter onkologi, sehingga diharapkan akan memberikan hasil pengobatan yang optimal dengan resiko yang paling kecil dan efisiensi yang tinggi, vaksinnya yakni Rindopepimut, diproduksi oleh Celldex Therapeutics

Vaksin ini diberikan pada pasien yang baru terdiagnosa tumor otak ganas bersamaan dengan tindakan pengobatan konvensional lainnya untuk tumor otak, seperti tindakan bedah, khemootherapi dan lain-lain, maka dengan pemberian vaksin ini bisa meningkatkan harapan hidup penderita hingga sebanyak 52% bila dibandingkan dengan yang hanya mendapatkan pengobatan standar yang hanya mencapai 6%.

Baca juga :
  1. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Pankreas
  2. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Otak
  3. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Rahim/Serviks
  4. Vaksin untuk Pengobatan HIV/Aids
  5. Vaksin untuk Pengobatan Alzheimer
  6. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Paru-paru
  7. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Prostat
  8. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Payudara
  9. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Ginjal 
  10. Vaksin-vaksin yang berhasil ditemukan di 2012
-------------------------------------------------------------------------

Top Ad 728x90