Vaksin Untuk Kanker Kelenjar Prostat

Ini adalah masalah kesehatan yang menyangkut kaum pria, kanker kelenjar prostat merupakan sebab ke 2 kematian pria karena penyakit kanker. Angka kematian adalah 4,3 per 100.000 penduduk.

Vaksin Untuk Kanker Kelenjar Prostat Ini adalah masalah kesehatan yang menyangkut kaum pria, kanker kelenjar prostat merupakan sebab ke 2 kematian pria karena penyakit kanker. Angka kematian adalah 4,3 per 100.000 penduduk.

Penulis masih ingat semasa kecil, sering berkumpul dengan teman-teman sebaya, bermain bola dan berenang dikali, dan setelah selesai dan puas bermain bola atau berenang, maka sering diadakan “kontes buang air kecil” diantara teman-teman, yaitu menilai siapa yang sanggup menyemprotkan air seninya hingga jarak yang terjauh ! Dan jangan heran, ada yang sanggup menyemprotkan air seninya hingga lebih dari 1 atau 2 meter ! Minimal adalah 1 meter.

Setelah menjadi dewasa, maka “prestasi” jarak semprotan urine yang  jauh itu tinggal kenangan, karena sekarang jarak semprotan urine sudah semakin dekat,  bahkan kalau tidak berhati-hati, akan membasahi sepatu atau kaki celana pantalonnya! Kemampuan jarak semprotan urin ini adalah berbanding terbalik dengan semakin bertambahnya usia seorang pria.


Mengapa hal ini bisa terjadi ? Jawabannya adalah karena disekitar pangkal saluran air kemih itu terdapat kelenjar prostat, yang berfungsi memberikan cairan untuk spermatozoa, yang akan membentuk cairan sperma, yang beraroma spesifik atau khas, kelenjar prostat ini dengan bertambahnya usia, ia akan ikut membesar dan akhirnya akan menekan saluran kemih dan menghambat aliran urine keluar, sehingga makin lama atau semakin tua seseorang pria, maka jarak semprotan urine akan semakin dekat, itu pun harus disertai dengan mengedan ! Ini yang dikenal di kedokteran sebagai gejalah pembesaran kelenjar prostat atau prostate hypertrophy.

Tanda yang paling khas hipertrophi kelenjar prostat, adalah sewaktu ingin berkemih, karena urine tidak bisa mengalir keluar secara spontan lagi, maka ia harus berdiri diam beberapa saat, ia harus mengkontraksikan otot-otot perut dan kantung kemihnya, atau mengedan terlebih dahulu, sehingga urinenya baru bisa “dipaksa” mengalir keluar.

Dalam proses hipertrophi/pembesaran kelenjar karena sel kelenjar bertambah jumlahnya, juga ada kemungkinan terjadinya mutasi genetik, dan terbentuknya sel ganas kanker, sehingga ini yang memicu kemungkinan terbentuknya kanker kelenjar prostat.

Berapa besar kemungkinan seorang pria menderita kanker prostat ?
Saat usia 40 tahun –> 1 orang diantara 1.000 orang
Saat usia 50 tahun –> 12 orang diantara 1.000 orang
Saat usia 60 tahun –> 45 orang diantara 1.000 orang
Saat usia 70 tahun –> 80 orang diantara 1.000 orang
Jadi semakin meningkat usia, maka semakin besar resiko dan kemungkinan seorang pria menderita kanker prostat.

Faktor Resiko Kanker Kelenjar Prostat

Usia, resiko terjadinya kanker kelenjar prostat bertambah dengan bertambahnya usia , sehingga jumlah kanker kelenjar prostat akan semakin banyak pada pria dari kelompok usia yang semakin tinggi, seperti tabel diatas.
Lebih dari 60% kasus baru yang terdiagnosa dan angka kematian yang mencapai 80% adalah terjadi pada kelompok berusia 70 tahun atau lebih tinggi.


Ras, orang Amerika keturunan Afrika mempunyai kemungkinan menderita kanker kelenjar prostat tertinggi diseluruh dunia. Dan kelompok ini juga mempunyai angka kematian yang hampir dua kali lipat daripada kelompok berkulit putih. Dipercayai faktor genetik, kadar hormon testosteron dan pola makanan memberikan kontribusi atas fakta-fakta diatas.

Sedangkan kelompok pria keturuan Asia mempunyai kesempatan yang paling rendah untuk menderita kanker kelenjar prostat. Namun bagi orang Asia yang telah bermigrasi dan tinggal di Amerika, akan mempunyai kesempatan yang sama dengan kelompok pria berkulit putih, ini dipercaya karena pengaruh dari faktor diet atau pola makan tadi.

Riwayat Keluarga, faktor keturunan memiliki peran yang menentukan, bila dari pihak ayahnya, ada orang tua atau saudara laki yang menderita kanker kelenjar prostat, maka dirinya mempunyai kesempatan juga menderita penyakit ini dua kali lipat. Namun bila dari pihak keluarga ibu dan ayah juga ada yang menderita penyakit ini, maka ia akan menjadi lima kali lipat lebih besar kemungkinan untuk juga menderita kanker kelenjar prostat ini. 


Bila lebih dari 2 orang kerabat dekat tadi menderita kanker kelenjar prostat, maka ia akan berpotensi hingga 10 kali lipat !
 

Diet, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan berkadar lemak tinggi, terutama daging berwarna merah dan bahan makanan dari bahan susu, akan mempunyai potensi merangsang pertumbuhan sel kenker dari kelenjar prostat ini.
 

Akibat Vasektomi, beberapa penelitian awal menunjukkan kemungkinan hubungan antara tindakan vasektomi dengan terjadinya kanker kelenjar prostat, namun pada penelitian lebih lanjut, hal ini tidak terbukti. Jadi tidak ada hubungan apapun antara tindakan vasektomi dengan kemungkinan terjadinya kanker kelenjar prostat.

Pengobatan Kanker Kelenjar Prostat
Pengobatan tergantung pada stadium perkembangan penyakit kanker kelenjar prostat ini. Umumnya dilakukan, Radical Prostactectomy, yaitu tindakan bedah dengan mengangkat seluruh jaringan kelenjar prostat, dengan harapan semua sel ganas terangkat sehingga penyakit ini bisa berhenti dan disembuhkan. Dengan radiasi sinar radioaktif dengan tujuan mematikan sel ganas dari kelenjar prostat. Pengobatan hormonal atau dengan cara mengangkat testis, sehingga produksi hormon testosteron bisa dihentikan, agar supaya tidak memacu perkembangan dan pertumbuhan sel ganas kelenjar prostat.

Dan 2012 telah diumumkan ditemukannya sejenis vaksin untuk mengatasi penyakit kanker kelenjar prostat, yaitu Prostvac, yang diproduksi oleh Bavarian Nordic, yang khusus ditujukan untuk mengobati Castration-resistant prostate cancer.


Pemberian vaksin ini pada penderita kanker kelenjar prostat akan menekan perkembangan sel ganas dan meningkatkan harapan hidup penderita.


Baca juga :
  1. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Pankreas
  2. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Otak
  3. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Rahim/Serviks
  4. Vaksin untuk Pengobatan HIV/Aids
  5. Vaksin untuk Pengobatan Alzheimer
  6. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Paru-paru
  7. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Kelenjar Prostat
  8. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Payudara
  9. Vaksin untuk Pengobatan Kanker Ginjal 
  10. Vaksin-vaksin yang berhasil ditemukan di 2012
-------------------------------------------------------------------------

Top Ad 728x90